Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di lingkungan sekolah SMP Negeri 26, tahun pelajaran 2019/ 2020 dilaksanakan pada hari Senin s.d. Rabu, 15 s.d. 17 Juli 2019 yang diikuti oleh seluruh peserta ddik baru, yang berjumlah 197 siswa, yang terdiri dari 100 siswa laki-laki dan 97 siswa perempuan yang terbagi menjadi 6 kelas. Tiap kelas diberi nama-nama pahlawan Indonesia guna mengenal para pahlawan kita dalam kesehariannya.

            Kegiatan ini diharapkan peserta didik baru dapat lebih mengenali lingkungan sekolahnya dengan segala peraturan yang ada di sekolah, dengan demikian diharapkan dapat memahami dan melaksanakan dengan baik, dan juga diharapkan bisa lebih cepa beradaptasi dengan lingkungan SMP Negeri 26 Malang.

            Hari pertama MPLS bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah, pagi siswa – siswi SMP Negeri 26 malang disambut di gerbang  sekolah oleh bpk/ibu guru dan pengurus osis. Kegiatan diawali dengan upacara bendera, dengan Kepala Sekolah  ibu Dra. Srijatun, S.Pd. MM. sebagai Pembina upacara sekaligus membuka kegiatan MPLS. Dalam sambutannya kepala sekolah SMP Negeri 26 Malang, Mengucapkan selamat kepada para peserta didik baru yang sudah dterima di SMP Negeri 26 Malang. Beliau berpesan untuk segera menyesuiakan diri dan mampu belajar dengan baik dan memanfatkan berbagai fasilitas yang telah tersedia di sekolah ini. Di lanjutkan dengan perkenalan bapak ibu guru pengajar dan staf Tata Usaha SMP Negeri 26.

            Adapun rangkaian acara MPLS selama 3 hari antara lain : hari pertama dan kedua dilakukan didalam  ruang kelas dengan materi-materi MPLS sesuai dengan Permendikbud No 18 tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru, dan hari terakhir diadakan diluar ruangan, tepatnya di lapangan uparaca dimana kegiatanya diisi dengan tampilan  bakat seni siswa baru serta tampilan Ekstrakurikuler yang ada di lingkungan SMP Negeri 26 Malang.             Dengan diselenggarakan kegiatan MPLS selama 3 hari di lingkungan SMP Negeri 26 ini diharapkan dapat membantu siswa baru untuk beradaptasi  dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar efektif bagi siswa baru, mengembangkan interaksi antara siswa dan warga sekolah lainnya, serta menggali dan mengangkat potensi dibidang seni yang ada pada siswa-siswi SMP Negeri 26 Malang. Salah satu yang muncul adalah seni Rampak yang dimiliki oleh para siswa dan ditampilakan pada acara puncak MPLS.

Kegiatan MPLS
Kesenian yang di tampilkan siswa smpn26

Demikian artikel ini saya buat sebagai laporan dan gambaran pelaksanaan MPLS bagi peserta didik baru dan sebagai bahan evaluasi kegiatan MPLS tahun berikutnya agar lebih baik.

Ketua Panitia MPLS            

Niswatul Ulfah, S.Pd.

× Ada yang bisa dibantu?